STUDI BANDING PELAKSANAAN E-SPIP DAN INOVASI MENUJU WBK WBBM BKP KELAS II YOGYAKARTA

29-01-2021 | Pusvetma
berita

Kegiatan :  Studi banding pelaksanaan e-SPIP dan Inovasi menuju WBK WBBM Nasional di Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta.
Tempat: Ruang Rapat BKP Kelas II Yogyakarta Lantai 2
TGL : 29 Januari 2021
Peserta:
1. Kepala Balai BKP Kelas II Yogyakarta (Bu Ina)
2. Sub Koord Tata Usaha BKP (Bp Budi)
3. Kabag Umum Pusvetma
4. Kabag Umum BBIB Singosari
5. Sub Koord Non Zoonosis Pusvetma
6. Sub Koord Kepegawaian BBIB Singosari
7. Sub Koordinator Prod. Semen Beku
7. Arief Fakhrudin
8. Angga Dwi P
 
Latar belakang penggunaan e-office inovasi berbasis IT di BKP Kelas II Yogyakarta adalah "mencari cara kerja yang mudah ( simplifikasi) dari pekerjaan yang kompleks" dan bersifat impressif berupa inovasi yg terus bertumbuh sesuai dengan point2 penilaian WBK WBBM dan pembuatan icon inovasi. Pengembangan aplikasi menggunakan Microsoft access dan Drop box sebagai medianya. Aplikasi yang menggunakan Microsoft access membutuhkan 3 unsur utama. Pertama adalah FORM untuk menginput data. Kedua adalah REPORT sebagai keluaran atau hasil. Dan ketiga adalah DATABASE agar memudahkan pencarian/memanggil sumber data yang akan diproses. Dari pengembangan aplikasi berbasis Ms. Access tersebut, BKP kelas II Yogyakarta mampu membuat 18 modul untuk e-office (dinamakan Q-Office berupa dashboard dg fitur2 IKU dan layanan2 lainya yang bisa diakses seluruh pegawai berbasis jaringan lokal antar komputer kantor intranet).  Modul tersebut diantaranya untuk pengiriman surat, perjalanan dinas, Sim ID (customer service digital), magang on the job (rolling pegawai ke lain bidang/bagian untuk menambah jam peningkatan kompetensi tahunan), ruang integritas (lapor gratifikasi, WBS), ZI link (pengisian LKE secara online) dll. Sedangkan Drop box digunakan sebagai media untuk file sharing diantara seluruh pegawai. Pada desktop BKP kelas II Yogyakarta, selain aplikasi berbasis ms.access dan drop box, tersedia juga tautan cepat untuk menuju website yang sering digunakan oleh pegawai agar memudahkan mengaksesnya. 
 
Terdapat beberapa inovasi yang dapat diATM oleh satker lain untuk menuju wilayah WBK/WBBM.  Pertama adalah SK Tim Inovasi RB ZI. Tim tersebut ditugaskan untuk mengkaji dan memfasilitasi ide-ide perubahan dan inovasi. Kedua adalah bimbingan mental (bintal inovasi). Event dikemas dalam bentuk outbond dengan output draft usulan inovasi dan ide perubahan dari seluruh pegawai. Menggabungkan permainan (games) dengan internalisasi nilai-nilai reformasi birokrasi.
Sosialisasi inovasi ke pengguna jasa layanan dengan database profilling pengguna jasa yg selalu di update dengan pengisian form saat company visit meliputi nama, alamat pengguna,  posisi di perusahaan, no telp dan email dll.
 
Inovasi2 antara lain :
1. InovasiQu
2. Q-office
3. Q-Box (folder drop box untuk file sharing)
4. SiKEPO (sistem kerja pemantauan output)
5. Berabe (satu menit bersih, rapi, beres)
6. PlanetQu (reduksi plastik)
7. Portal PPID & SIMiD
8. MonJob (magang on the job)
9. IQi (pakta integritas harian petugas lapangan)
10. SMAP 37001:2016
11. Q-SPI / SPIP SoF (Substance over Form)
12. Pro-integrity (profiling pengguna jasa)
13. 1Klik (informasi satu akses klik)
14. GreenPass (kompensasi layanan apabila tdk sesuai std)
15. Aplikasi bersama :
PORTA QIS, GRATIEKS,
TNDE.
 
Selain aplikasi2 tsb, didalam tampilan awal dashboard komputer intranet 2021 dipasang icon : 
1. innovation on progress untuk membranding dan meng impresikan bahwa inovasi berjalan terus
2. Icon tampilan senyum itu mudah, senyum itu indah, senyum itu ibadah dilayar komputer counter layanan
 
SPIP metode SoF  (Substance over Form) dilaksanakan dan diimpementasikan dengan 3 unsur utama yakni Satlak PI (sebagai fasilitator mennyiapkan surat penugasan, meeting rutin), pelaksana kegiatan (pemilik tugas dan tanggung jawab untuk menyusun analisa risiko untuk dikendalikan), pelaksana pengendalian (personel yang ditugaskan dari lintas bidang (cross section) untuk melakukan aktivitas pengendalian). 
e-SPIP di BKP kelas II Yogyakarta mentransformasikan form berbasis excel menjadi aplikasi berbasis Ms. Access sehingga memudahkan pengguna untuk menyelesaikan dokumen pengendalian risiko. 
 
Semoga kegiatan studi banding ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan SPIP dan WBK di Pusvetma  menuju WBBM tahun 2021.
 
Terimakasih.