Page 66 - Standar Pelayanan Publik Pusvetma
P. 66

65



                                                 pengambilan  kebijakan  Kepala  BBVF  Pusvetma
                                                 harus dituangkan dalam surat pengaduan resmi
                                                 dan ditujukan kepada Kepala BBVF Pusvetma.
                                                 Secara rinci, prosedur penanganan pengaduan di
                                                 BBVF Pusvetma adalah sebagai berikut:
                                                 1)   Pengguna          layanan         menyampaikan
                                                     pengaduan ke BBVF Pusvetma melalui:
                                                     a.  Kotak pengaduan;
                                                     b.  Media surat tertulis;
                                                     c.  Telepon/WA.  Pengaduan  disampaikan
                                                         melalui nomor telepon 081386485599;
                                                     d.  Website. Pengaduan disampaikan melalui
                                                         website  https://Balai  Besar  Veteriner
                                                         Farma
                                                         Pusvetma.ditjennak.pertanian.go.id;
                                                         dan/atau
                                                     e.  Tatap       muka.         Pengaduan         bisa
                                                         disampaikan kepada Petugas ULT.
                                                  2)  Pengaduan yang diterima petugas ULT dapat
                                                      langsung direspon oleh petugas ULT paling
                                                      lambat 3 jam sejak pengaduan diterima.
                                                  3)  Pengaduan  yang  materi  penanganannya
                                                      membutuhkan          pengambilan         kebijakan
                                                      diajukan kepada Kepala BBVF Pusvetma.
                                                  4)  Kepala  BBVF  Pusvetma  mendisposisikan
                                                      pengaduan  tersebut  ke  Bagian/Kelompok
                                                      terkait sesuai dengan materi yang diadukan.
                                                  5)  Bagian/Kelompok  terkait  menindaklanjuti
                                                      disposisi dari Kepala BBVF Pusvetma untuk
                                                      melakukan  penanganan  dan  penyelesaian
                                                      atas  materi  yang  diadukan  serta  membuat
                                                      konsep  surat  tanggapan  pengaduan  untuk
                                                      disampaikan         kepada       Kepala      BBVF
                                                      Pusvetma.
                                                  6)  Kepala  BBVF  Pusvetma  menyetujui  surat
                                                      tanggapan pengaduan dan mendisposisikan
                                                      kepada Kelompok Pemasaran dan Distribusi
                                                      untuk      selanjutnya      diteruskan      kepada
                                                      pengguna layanan.

                 5.     Waktu               a.  Respon  pengaduan  maksimal  3  jam  sejak
                        Penyelesaian           pengaduan diterima;
                                            b. Waktu penyelesaian pengaduan tergantung materi
                                               yang diadukan
                 6.     Tarif               Pelayanan  penanganan  pengaduan  tidak  dipungut
                                            biaya (gratis).
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71