Ketua KIP apresiasi layanan Keterbukaan Informasi Publik Kementan saat Pandemi Covid 19
Komisi Informasi Pusat (KIP) mengapresiasi komitmen Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memberikan layanan informasi publik, khususnya di saat menghadapi pandemi Covid-19. Ketua KIP, Gede Narayana mengatakan apa yang dilakukan Kementan di masa pandemi seperti sekarang ini menunjukkkan komitmennya dalam memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat.
“Pimpinan di Kementan, telah menunjukkan good will melalui berbagai inovasi dan kebijakan layanan informasi publik yang dilaksanakan diseluruh jajarannya. Ini sejalan dengan ketetapan KIP yang telah menetapkan Kementan dengan kategori Badan Publik yang Informatif” ucap Gede dalam webbinar Inovasi Pelayanan dan Penyebaran Informasi Publik yang Cepat dan Tepat Berbasis Tekhnologi Informasi, Rabu (15/7) lalu.
Sekretaris Jenderal Kementan, Momon Rusmono menyampaikan kembali bahwa komitment Kementan dalam memberikan Pelayanan Informasi Publik sudah menjadi komitmen bersama seluruh unit kerja / UPT dilingkungan Kementerian Pertanian. “Merupakan komitment kita bersama seluruh unit kerja/ UPT mendukung penuh pelaksanaan informasi Publik melalui penyediaan anggaran, Prasarana dan Sarana, SDM yang kompeten, dalam pengelolaan Informasi Publik yang cepat mudah dan transparan. “ ujar Momon.
Momon juga menambahkan “dalam memberikan layanan informasi publik ke masyarakat hendaknya kita mampu memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan teknologi, menguasai teknologi informasi. Selama Pandemi covid sosialisai terkait protokol kesehatan khususnya kepada para petani dan masyarakat secara keseluruhan dilakukan. “
Sejalan dengan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian. Pusvetma turut mengambil peran dalam mendukung penuh serta turut mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik kepada masyarakat luas. “ini sudah menjadi kewajiban seluruh satker untuk mengimplementasikan KIP, arahan Sekjen sudah jelas” ujar Agung Suganda seusai mengikuti webbinar diatas. Kita terus tingkatkan layanan kita dengan menggunakan teknologi informasi sehingga layanan di Pusvetma tetap berjalan meskipun dalam suasana Pandemi Covid. Semua tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan baik.