Berita

Berita Kegiatan BBVF Pusvetma

PPID Pelaksana Pusvetma Gandeng PPID Utama, Mantapkan Internalisasi Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Pusvetma

24-07-2020 | Pusvetma

berita

Surabaya - PPID Pelaksana Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) sebagai badan publik berkomitmen untuk menyebarkan dan melayani informasi kepada publik secara secara cepat, tepat, mudah dan berkualitas. Pada Sosialisasi keterbukaan informasi publik lingkup Pusvetma yang dilakukan dengan mengundang Narasumber dari PPID utama Jumat, 24 Juli 2020. Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementan, Boga Kuntoro selaku PPID utama menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Pusvetma telah sejalan dengan Komitmen Kementerian Pertanian.

“Saya sangat mengapresiasi Pusvetma yang telah mengimplementasikan dan meningkatkan inovasi –inovasi dalam keterbukaan informasi Publik” ujar Kuntoro.

Lanjutnya Kuntoro memaparkan“ Sebagai badan Publik, Kementerian Pertanian telah mendapatkan penetapan dari Komisi Informasi Pusat sebagai Badan Publik Informatif, hal ini berkat dukungan dari semua pihak baik dari lingkup eselon 1, eselon 2 maupun UK/UPT di Kementan. Saat ini banyak satker / UPT di Kementan berbenah meningkatkan pelayanan informasi publiknya”. Kuntoro melihat di Pusvetma sudah banyak sekali peningkatan positif terkait layanan PPID.

Kuntoro menyampaikan bahwa badan pengelola informasi publik wajib proaktif menginisiasi keterbukaan informasi publik, informasi-informasi yang disajikan efektif serta transparan sesuai peraturan yang berlaku. “peran dan komitmen pimpinan menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi kemajuan badan publik, bila pimpinannya memiliki komitment terhadap peran PPID maka akan dapat dilihat badan publik tersebut memiliki layanan informasi bagi publik yang lebih informatif”.

Pusvetma telah ditetapkan sebagai satker Badan Layanan Umum (BLU) sejak tahun 2010. Sebagai BLU maka mengutamakan layanan kepada publik merupakan satu keharusan bagi Pusvetma. Dalam sambutan kepala Pusvetma, Agung Suganda menyampaikan “Sebagai badan publik terlebih BLU, Pusvetma sadar betul bahwa keterbukaan informasi publik mutlak harus diimplementasikan. di Pusvetma hal ini tidak hanya dilakukan oleh PPID pelaksana dan tim yang telah ditunjuk saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama mulai dari pucuk pimpinan sampai ke level yang paling bawah”.

Kegiatan terkait serupa diatas telah direncakanan dilakukan 2 kali dalam setahun. Hal ini bertujuan untuk terus memperbarui informasi-informasi serta langkah-langkah dalam meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik di Pusvetma. Tujuan akhirnya adalah pelayanan kepada masyarakat. Pun kegiatan serupa juga merupakan salah satu bentuk komitmen pimpinan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik khususnya meningkatkan kompetensi SDM Pusvetma terkait pemahaman dan pemantaban pentingnya keterbukaan informasi publik.

Beberapa inovasi pelayanan dilakukan Pusvetma guna mempermudah bagi publik untuk mengakses dan mendapatkan layanan di Pusvetma. Pemanfaatan informasi berbasis teknologi hingga layanan chat yang mudah dan cepat telah diterapkan. Disamping itu fitur-fitur dalam website Pusvetma dirancang sedemikian rupa sehingga publik dapat memanfaatkan informasi yang tersedia di website resmi Pusvetma dengan mudah dan cepat. Bahkan hanya dengan satu hingga tiga kali klik saja pengguna layanan dapat dengan cepat dan mudah memperoleh informasi. Tidak ketinggalan teknologi mesin pencari juga tersedia.