Page 7 - Standar Pelayanan Publik Pusvetma
P. 7

6



                     BBVF  Pusvetma  dengan  kebutuhan  masyarakat.  SPP  tersebut  sebagai
                     pedoman  yang  digunakan  sebagai  acuan  untuk  melakukan  pelayanan
                     dan memudahkan pengukuran indek kepuasan masyarakat.

               B.  Maksud dan Tujuan
                     1.  Maksud
                         Maksud  penyusunan  SPP  di  BBVF  Pusvetma  adalah  untuk
                         memberikan  pedoman  penyelenggaraan  pelayanan  publik,  sebagai
                         acuan  dalam  menilai  kualitas  layanan  publik  serta  mengatur
                         kewajiban  dan  janji  penyelenggara  pelayanan  publik  kepada
                         masyarakat.

                     2.  Tujuan
                         Tujuan  penyusunan  SPP  di  BBVF  Pusvetma  adalah  terciptanya
                         pelayanan publik yang jelas, berkualitas, cepat, transparan, mudah,
                         aman,  terjangkau,  terukur  dan  menjadi  acuan  dalam  implementasi
                         strategi peningkatan pemasaran demi terwujudnya pelayanan prima,

                         serta  mengetahui  mutu  kinerja  pelayanan  publik  secara  berkala
                         sebagai  bahan  untuk  menetapkan  kebijakan  dalam  rangka
                         peningkatan mutu pelayanan publik.

               C.  Ruang Lingkup
                    Ruang lingkup penyusunan SPP ini, meliputi:
                     1.  Pendahuluan;
                     2.  Standar Pelayanan; dan
                     3.  Evaluasi dan Pelaporan Kinerja.

               D.  Pengertian
                     Dalam Keputusan ini yang dimaksud dengan:
                     1.  Pelayanan  Publik  adalah  kegiatan  atau  rangkaian  kegiatan  dalam
                         rangka pemenuhan  kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan
                         perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas
                         barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh
                         penyelenggara pelayanan publik.
                     2.  Standar Pelayanan yang selanjutnya disingkat SPP adalah tolok ukur
                         yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan
                         acuan  penilaian  kualitas  pelayanan  sebagai  kewajiban  dan  janji
                         penyelenggara  pelayanan  kepada  masyarakat  dalam  rangka
                         pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
                     3.  Indek  Kepuasan  Masyarakat  yang  selanjutnya  disebut  IKM  adalah
                         data  dan  informasi  tentang  tingkat  kepuasan  masyarakat  yang
                         diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12