Page 12 - Standar Pelayanan Publik Pusvetma
P. 12

11



                                                          BAB II
                                               STANDAR PELAYANAN

               A.  Jenis/Produk Layanan

                   Penyelenggaraan pelayanan publik oleh BBVF Pusvetma meliputi layanan:
                   1.  penjualan produk;
                   2.  pengujian mutu produk; dan
                   3.  penunjang.

               B.  Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Pelayanan
                    1.  Sistem  pelayanan  produk  BBVF  Pusvetma  menggunakan  sistem
                        pelayanan terbuka yaitu pengguna layanan dapat mengakses langsung
                        penjualan  produk  BBVF  Pusvetma.  Untuk  mendapatkan  informasi
                        produk BBVF Pusvetma, telah disediakan akses berupa leaflat, brosur,
                        broadcast  online,  WhatsApp,  webinar,  talkshow  dan  alat  akses
                        elektronik yaitu melalui website official BBVF Pusvetma dengan alamat
                        www.  pusvetma.ditjenpkh.pertanian.go.id,  dan  media  sosial  yaitu
                        Instagram  (@pusvetma),  facebook  (@PusatVeterinerFarma),  twitter
                        (@Pusvetma),  dan  youtube  (Pusvetma),  serta  Aplikasi  e-Commerce
                        Vetmalance.
                    2.  Mekanisme  pelayanan  produk  BBVF  Pusvetma  dilakukan  melalui  2
                        (dua) cara, yaitu:

                        a.  langsung, dengan cara pengguna layanan datang langsung ke Unit
                            Layanan Terpadu (ULT) BBVF Pusvetma; dan
                        b.  tidak  langsung,  dengan  cara  pengguna  layanan  mengajukan
                            permohonan  layanan  melalui  telepon,  aplikasi  WhatsApp,  surat,
                            email atau pemesanan melalui aplikasi e-Commerce Vetmalance.
                    3.  Prosedur pelayanan BBVF Pusvetma sebagai tahapan pelayanan yang
                        diberikan kepada masyarakat sesuai dengan alur pelayanan. Prosedur
                        pelayanan tersebut terdiri dari:
                        a.  Prosedur pelayanan penjualan produk;
                        b.  Prosedur pelayanan pengujian mutu produk;
                        c.  Prosedur pelayanan penunjang;
                        d.  Prosedur pelayanan pengaduan;
                        e.  Prosedur pelayanan pemberian kompensasi; dan
                        f.  Prosedur Penerimaan Tamu melalui Aplikasi e-Tamu.

               C.  Persyaratan Pelayanan.
                    Tidak  ada  persyaratan  yang  spesifik  untuk  mendapatkan  layanan  yang
                    terdapat di BBVF Pusvetma.

               D.  Pelaksana Pelayanan
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17